Goyang Tobelo Bukti Relasi Umat Wilayah Lourdes Kuat

(Reportase PERAYAAN NATAL 2021 WILAYAH LOURDES )

gerejapaskalis.or.id – Yesus lahir ke dunia agar setiap manusia mempunyai relasi yang kuat dan utuh kepada-Nya. Romo Thomas Ferry Suharto, OFM dalam perayaan Natal bersama di Kapel Lourdes Jumat (7/1/2022) mengajak umat wilayah Lourdes Paroki Cempaka Putih agar mempunyai relasi yang baik dan benar kepada Yesus.

Pesan Natal disampaikan oleh Romo Thomas Ferry Suharto, OFM, yang menceritakan perumpamaan seorang murid yang mempunyai seekor anjing peliharaan yang sedang sakit. Murid tersebut tinggal di daerah terpencil, jauh dari keramaian kota, tidak ada puskesmas atau rumah sakit, sehingga meminta gurunya untuk mendoakan anjingnya agar disebuhkan dari sakit. Guru tersebut mendoakan anjing yang sakit dan beberapa hari kemudian sembuhlah hewan peliharaan murid tersebut.

Beberapa bulan kemudian, guru tersebut jatuh sakit juga dan murid yang memiliki anjing tersebut memanjatkan doa yang sama, yang sempat dihapalkannya waktu itu, untuk memohon kesembuhan gurunya dan terjadilah kesembuhan beberapa hari kemudian.

Pesan ini menyiratkan bahwa doa apabila dilakukan dengan sepenuh hati dan iman yang begitu besar maka akan membuat semua indah pada waktunya. Doa harus didasarkan pada relasi yang baik dan benar kepada sesama. Yesus ingin agar setiap manusia mempunyai relasi yang kuat dan utuh kepada-Nya untuk memperolah kebenaran. Semoga umat dapat menemukan wajah Yesus dalam setiap orang yang dijumpai dan membangun persaudaraan sejati dengan masyarakat di sekitarnya dengan melihat hal-hal baik dalam diri setiap individu.

Misa dan perayaan Natal tahun 2020 dan dua kali Paskah, tahun 2020 & 2021 batal digelar di Kapel Lourdes karena situasi Pandemi. Memasuki awal tahun 2022 ini, dimana pandemi Covid-19 telah mulai reda, pengurus wilayah mengakomodir keinginan umat wilayah Lourdes merayakan Natal bersama sebagai kerinduan akan kebersamaan beribadah dan berkegiatan di Kapel Lourdes.

Misa Natal dipimpin oleh Romo Thomas Ferry Suharto, OFM dan Romo Fransiskus Sulaiman Ottor, OFM dan dihadiri 96 orang perwakilan dari enam (6) lingkungan di Wilayah Lourdes.

Usai misa dilanjutkan dengan aneka acara sekaligus ramah tamah yang dipandu Ibu Martina Sukmonowati. Ramah tamah dibuka dengan sambutan Romo Sulaiman, yang mengapresiasi pencapaian dan kontribusi Orang Muda Katholik (OMK) Lourdes dalam setiap kegiatan di Paroki Paskalis sekaligus menyampaikan harapan-harapan terhadap OMK Lourdes untuk lebih bersemangat, berkreasi dan berkegiatan bersama baik di paroki maupun di wilayah.

Ucapan terima kasih dari Bapak Hudi, Korwil Lourdes kepada seluruh panitia Natal yang terlibat dan membantu terselenggranya Natal Bersama menjadi pokok sambutan. Tak lupa, Beliau mengucapkan Selamat Natal dan Tahun Baru 2022 kepada seluruh umat Wilayah Lourdes.

Usai sambutan, mengalun lagu Jingle Bells Rock, My First Love, All I Want for Christmas is You.

Persembahan Band Lourdes in Action (BeLIA) pimpinan Bpk. Wilson Darma Chandra. Sementara lagu mengalun, umat disuguhi dengan hidangan Wedang Jahe hangat khas Lourdes, Bakso lokal (home made) WK ranting Lourdes, Sate Ayam Dapur Kapel dan Es Krim kesukaan OMK.

Suasana semakin teduh saat sesepuh wilayah Lourdes Bpk. Suharso dengan keybordnya mengiringi kakak beradik Brigitha dan Reinard melantunkan Holly Night  dan Don’t Look Back in Anger.

Goyang Tobelo menjadi menu puncak keakraban umat wilayah Lourdes. Sambil menjaga jarak, pinggul tetap bergoyang. Romo Ferry dan Romo Sulaeman turut serta menggerakkan seluruh badan mengikuti irama Tobelo. Perayaan Natal yang dikomandoi Sofia Sukarni diakhiri dengan pembagan doorprize dan foto bersama. *** (Hoedy)

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published.