Pembekalan dan Spiritual Charge Dewan Pleno Paroki Cempaka Putih-Gereja Santo Paskalis

Pembekalan dan Spiritual Charge Dewan Pleno Paroki
Pembekalan dan Spiritual Charge Dewan Pleno Paroki

gerejapaskalis.or.id – Anggota Dewan Pleno Paroki Cempaka Putih-Gereja Santo Paskalis membuka Rapat Karya Paroki untuk penyusunan Program Karya Paroki (baik Program Karya Umum/Prokarum maupun Program Karya Strategis/Prokaritas) tahun 2022 mendatang dengan webinar pada Minggu, 10 Oktober 2021 atas Prakarsa DPH Gereja St. Paskalis dan Seksi Pelatihan dan Kaderisasi (PEKAD) Paroki.  Webinar yang terbingkai dalam tema “Kreativitas Dalam Pelayanan Agar Menjadi Berkat” ini menghadirkan narasumber, Rm Eko Wahyu, OSC.

Pastor Kepala Paroki, Rm Jimmy H.R.Tnomat, OFM mengurai tujuan webinar ini dalam membuka kegiatan webinar dengan mengatakan bahwa “Wabah Pandemi COVID 19 yang melanda seantero jagad ini menghadirkan berbagai macam tantangan dan persoalan dalam hidup baik soal ekonomi, tatanan sosial, maupun hidup beragama. Semangat hidup dan berbagai aktivitas manusia seakan mengalami kelesuan, tak terkecuali dalam kehidupan beriman pun ikut tergerus. Para agen pastoral yang dipanggil dan diutus oleh Tuhan untuk menjadi pelayan umat juga seakan kehilangan energi dalam melaksanakan tugas pelayanan. Oleh karena itu, ibarat handphone yang lowbatt perlu dicharge  demikian pula hidup dan semangat pelayanan pun perlu dicharge agar tetap bergairah dalam tugas pelayanan.”

Spiritual charge diperlukan agar setiap pribadi dapat menyadari panggilannya sebagai pelayan Tuhan sehingga dipenuhi dengan semangat pelayanan, kerendahan hati, berpikir positif, dan kerelaan tanpa pamrih untuk melayani. Demikian ditandaskan oleh Rm Eko Wahyu OSC. “Yang perlu selalu diingat adalah menjadi pelayan Tuhan itu motivasinya bukan mencari keuntungan dan kepuasan diri, perlu kerja sama dengan yang lain dalam sebuah team work, tanpa kompetisi, perlu saling menghargai, dan dilandasi iman yang benar” tambahnya.

Webinar ini menarik karena Rm Eko OSC memberikan inspirasi-inspirasi yang membangkitkan semangat para agen pastoral dengan santai dan energik, tetapi juga ada puji-pujian dari PD OMK Paskalis, sharing dari peserta mengenai semangat dan tantangan yang dihadapi sebagai agen pastoral, yaitu Bpk Daniel Aten dan Bpk Agung Budiharso. Bertindak sebagai master of ceremony (MC), Greg Lilik Pranoto dan Margaretha Siahaan, juga ikut memberikan suasana yang menarik sehingga webinar yang diselenggarakan pkl 18.00-21.00 WIB tidak menyurutkan semangat peserta, baik bagi anggota DP Pleno yang bergabung melalui zoom meeting maupun umat Paroki mengikutinya melalui live streaming youtube.

Setelah mendapatkan inspirasi-inspirasi dari Rm Eko Wahyu OSC, dilanjutkan dengan Sosialisasi Arah Dasar Keuskupan Agung Jakarta (KAJ) 2022-2026 oleh Rm. Jimmy H.R.Tnomat, OFM dan Rm. Thomas Ferry Suharto, OFM, dan Implementasi Rencana Strategis ARDAS oleh Ibu Agatha Budi Astuti, Koordinator  Bidang Penelitian dan Pengembangan Paroki (BP3) dan Bidang Perencanaan dan Evaluasi (PE). [Jimmy, OFM]

Materi Pembekalan dan Spiritual Charge DP Pleno Gereja Santo Paskalis

“Kreativitas Dalam Pelayanan Agar Menjadi Berkat” (Rm. Eko Wahyu OSC.)

Materi Sosialisasi ARDAS KAJ 2022-2026

“Manusia Indonesia dan Umat Katolik KAJ adalah Manusia Yang Peduli dan Cinta Tanah Air” (Rm. Jimmy, OFM dan Rm. Ferry, OFM)

Sosialisasi Dasar Implementasi ARDAS KAJ 2022-2026

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published.