Sejumlah Anak Terima Komuni Pertama di Gereja Santo Paskalis

Gerejapaskalis.or.id — Di tengah masa pandemi, Gereja Santo Paskalis, Cempaka Putih, Jakarta Pusat, menggelar penerimaan Sakramen Ekaristi atau Komuni Pertama (Komper) bagi sejumlah umat yang belum menerima salah satu sakramen inisiasi Gereja tersebut.

Peserta Komuni Pertama Gereja Santo Paskalis. Foto: ist.
Peserta Komuni Pertama Gereja Santo Paskalis. Foto: ist.

Menurut panitia pelaksana, Ibu Rosita, penerimaan Komuni Pertama Ekaristi tahun ini dibagi dalam dua tahap, yakni pada Juni dan September. Untuk bulan September diikuti 70 peserta yang dibagi dalam empat tahap, yakni tanggal 21, 23, 28, dan 30.

Ibu Rosita menambahkan, persiapan bagi peserta penerima sakramen ini dimulai pada April sampai Juni 2021 yang lalu. Karena dilakukan di tengah masa pandemi, maka persiapannya secara virtual.

Ia menerangkan, pelaksanaan Komuni Pertama kali ini diawali Test Antigen, dilanjutkan gladi resik dan pengakuan dosa atau Sakramen Tobat. Test Antigen dilakukan bagi peserta Komuni pertama dan satu orang tua atau pendamping sehari sebelum pelaksanaan Komper.

Selain tes antigen, lanjut dia, orang tua atau pendamping wajib sudah divaksin 2 kali dan sudah didaftarkan ke data Biduk Paroki. Surat keterangan dokter diperlukan bila pendamping belum vaksin ke-2 dengan alasan mengalami Covid-19.

Pelaksanaan Misa Komuni Pertama pukul 15.00 dipimpin secara konselebran oleh Romo Ferry OFM, didampingi Romo Sulaiman OFM dan Romo Jimmy OFM.

Romo Ferry berharap, anak-anak yang menerima Komuni Pertama tumbuh dan berkembang semakin dewasa dalam iman, dan menjadi murid Tuhan yang sejati.* (Aji)

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published.