Suasana Jumat Agung di Paskalis, Teratur dan Nyaman

Ibadah Jumat Agung Gereja Santo Paskalis

Ibadat jumat Agung di gereja paskalis pada Jumat 7 April 2023 berlangsung khidmat. Umat khusyuk mengikuti Ibadat selama dua jam lebih.

Ibadat Jumat Agung di gereja St. Paskalis Cempaka Putih Jakarta Pusat dilaksanakan dua kali. Pukul 15.00 dan pukul 18.00

Ibadat pukul 15.00 dipimipin oleh Romo Yohanes Epa Prasetya, OFM didampingi Romo Frumens Gion, OFM dan Romo Mateus Batubara, OFM.

Ibadat Penghormatan Salib Saat Misa Jumat Agung di Gereja Santo PaskalisJumat Agung menjadi satu-satunya hari dalam setahun tanpa perayaan Ekaristi. Tata liturgi Jumat Agung berupa pembacaan kisah sengsara Tuhan Yesus dan upacara penciuman salib.

Ibadat Jumat Agung dimulai tanpa lagu pembuka, dan selama ibadat berlangsung, paduan suara menyanyikan lagu tanpa iringan musik.

Umat yang hadir mengikuti perayaan dengan khidmat. Iwan, umat wilayah Kristoforus yang duduk di tenda merasa nyaman meski cuaca di luar sangat terik. “AC nya terasa jadi enggak panas.”

Lain lagi cerita Ibu Fanny dari Paroki Kramat. Setiap perayaan besar, ia lebih memilih ke Paroki Cempaka Putih yang lebih dekat dengan tempat tinggalnya. Ia merasa pelaksanaan tahun ini lebih teratur dibanding sebelumnya.
Ia bersyukur dapat hadir mengikuti perayaan Jumat Agung dengan khusyuk.

Vincent, yang mengaku alumni OMK Paskalis mengaku niat untuk ikut perayaan Jumat Agung. Ia sengaja datang lebih awal sehingga dapat tempat duduk di dalam gereja. Ia bersyukur karena dapat mengikuti perayaan bersama keluarga. Meski merasa kepanasan karen kipas angin tidak nyala namun karena niat, ia mengikuti seluruh perayaan dengan baik dan tetap merasa nyaman. ***masaji

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *