Ziarah Rohani

ziarah rohani
Ziarah Rohani - Gereja Santo Paskalis Paroki Cempaka Putih

gerejapaskalis.or.id – Salah satu kegiatan dari berbagai macam kegiatan umat dalam rangka perayaan syukur Hari Ulang Tahun (HUT) ke-70 Gereja Santo Paskalis-Paroki Cempaka Putih adalah ziarah rohani. Panitia HUT bekerja sama dengan umat wilayah dan pihak tour & travel berusaha mengakomodir kegiatan ziarah rohani ini yang dilaksanakan setiap akhir Pekan pada Agustus dan September 2022 dengan aneka kegiatan rohani di antaranya Perayaan Ekaristi, Salve/Adorasi Penyembahan Sakramen Mahakudus, Ibadah Jalan Salib, dan Meditasi Alam. Kegiatan tambahan sebagai bonus dari rangkaian ziarah adalah mandi air panas yang mengalir dari Gunung Pancar, Jawa Barat.

Kegiatan ziarah rohani ini diawali dengan Perayaan Ekaristi dan Adorasi: Penyembahan Sakramen Maha Kudus di Gereja Santo Fransiskus Assisi-Paroki Cibadak, Keuskupan Bogor. Hal yang menarik adalah meskipun setiap rombongan peziarah didampingi oleh Romo pendamping wilayah, perayaan ekaristi dan adorasi yang dirayakan secara konselebrasi dengan selebran utamanya yaitu Romo Paroki Cibadak, RD. Marcus Santoso. Setelah perayaan ekaristi dan adorasi, peziarah kemudian melanjutkan dengan Ibadat Jalan Salib di Taman Doa Sumber Kahuripan Paroki Cibadak, yang letaknya persis di depan Gereja. Usai Ibadat Jalan Salib peziarah diberi kesempatan untuk berdoa secara pribadi di Kubur Yesus dan Gua Maria, kemudian dilanjutkan dengan makan siang bersama yang disediakan oleh para karyawan Paroki Cibadak.

Setelah dari Cibadak, peziarah kemudian melanjutkan perjalanan menuju Sentul, tepatnya di Tirta Arsanto, Jln Babakan Ngantai, Kp.Parung Jambu-Sentul, Jawa Barat. Tempat ini terletak di bawah kaki Gunung Pancar dan alamnya sangat asri, sehingga peziarah dapat pula menikmati alam yang indah dan sejuk, pepohanan hijau dan sawah yang terbentang, serta aliran sungai yang mengalir deras dari Puncak Gunung Pancar. Di tempat inilah peziarah sejenak diajak untuk masuk ke dalam suasana hening di tengah persawahan penduduk dan persis di tepi sungai untuk bermeditasi bersama. Usai meditasi, para peziarah diberi kesempatan untuk menikmati air panas yang mengalir dari Gunung Pancar. Sesudah menikmati air panas, kegiatan kemudian dilanjutkan dengan makan malam bersama lalu kembali ke Jakarta.

Untuk diketahui, kegiatan ziarah ini dikoordinasikan oleh Tim Dana Panitia HUT ke-70 yaitu Ibu Wetty (wilayah Nazareth) dibantu oleh Pak Haryadi (wilayah Daud) melakukan empat (4) kali perjalanan ziarah dengan rombongan umat wilayah yang berbeda. Keempat rombongan perjalanan ziarah itu adalah rombongan umat wilayah Daud bersama Rm. Sulaiman Ottor, OFM (Romo pendamping wilayah) pada Sabtu (20/8/2022), rombongan wilayah Lourdes bersama Rm. Ferry Suharto, OFM (Romo pendamping wilayah) pada Minggu (28/8/2022), rombongan campuran dari wilayah Nazareth dan Daud bersama Rm. Sulaiman Ottor, OFM pada Sabtu (3/9/2022), dan rombongan terakhir dari wilayah Maria Fatima bersama Rm. Jimmy Tnomat, OFM pada Sabtu (10/9/2022)*** (Jimmy, OFM)

Previous slide
Next slide

You may also like...

2 Responses

  1. Haryadi kaunang says:

    Terima kasih Romo atas tulisannya, saya senang bisa mendampingi ziarah rohani ini, semoga dengan acara ziarah rohani ini iman kita semakin dikuatkan dan kita semakin setia dalam pelayanan di dalam gereja

    • Fransiskus Sulaiman Ottor says:

      Sama-sama Pak Haryadi. Terimakasih atas pelayanannya. Sampai jumpa di pelayanan berikut. Tuhan memberkati

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *